WAHDAH BANDUNG

FORUM KOMUNIKASI WAHDAH ISLAMIYAH BANDUNG
 
IndeksPortalFAQPendaftaranLogin

Share | 
 

 Likulli maqaalin maqaamun

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Go down 
PengirimMessage
bapaknyaAhmad
Admin
Admin


Jumlah posting : 82
Age : 37
Registration date : 01.02.08

PostSubyek: Likulli maqaalin maqaamun   Thu May 08, 2008 8:36 am

Alhamdulillah
Washolatu wassalaam 'alaa rasuulillahforum.wahdahbandung.com

Yaforum.wahdahbandung.comforum.wahdahbandung.comtepat sekali Likulli maqaalin maqaamun juga pasangannya likulli maqaamin maqaalunforum.wahdahbandung.com Bagi setiap perkataan ada tempatnya, dan setiap tempat ada perkataan yang tepat untuknyaforum.wahdahbandung.com

Pernyataan hikmah diatas banyak sekali kita dengar atau baca baik dari tulisan para ulama kita (diantaranya silahkan nikmati Kitaabul ‘Ilmi dan Shohwah Islamiyyah tulisan Al ‘Utsaimin rahimahullah) juga dari taujihat para Asatidz hafizhohumullahforum.wahdahbandung.com

Ikhwah dan Akhwat rahimakumullah, statement diatas sangatlah penting yang dengannya kita bias memilih sikap (tindakan atau perkataan) disetiap ‘tempat’forum.wahdahbandung.com ‘Tempat’ yang kita maksud disini tidak terbatas pada tempat secara geografis tapi juga posisi atau kedudukan kita, sebagaimana ‘perkataan’ tadi juga difahami lebih umum yaitu sikap kitaforum.wahdahbandung.com

Misalnya dalam kasus ‘hutang’, maka syariat mengajarkan agar segera dilunasi dan berhati-hati dari hutang yang tidak terbayarkanforum.wahdahbandung.comforum.wahdahbandung.cominilah sikap yang diajarkan bagi orang yang berhutangforum.wahdahbandung.com Sedangkan untuk yang memberi hutang maka syariat memotivasi untuk ‘mengikhlaskan’ hutang tersebut karena itu termasuk ‘bantuan’ kepada saudaranyaforum.wahdahbandung.com Kebaikan akan terjadi ketika masing-masing pihak berusaha semampunya untuk ‘melaksanakan’ porsi nya masing-masing, namun dapat kita bayangkan ketika tiap pihak justeru menuntut pihak lain berdalih syariat tadi padahal pada saat yang sama tuntutan itu juga tertuju pada dirinyaforum.wahdahbandung.com

Contoh lain, yang juga sangat penting, adalah antara guru dan muridforum.wahdahbandung.com Syariat menekankan kepada murid untuk menghormati guru, sebaliknya juga guru dianjurkan ‘melayani’ sebaik mungkin sang murid, sebagaimana kedua hal ini dibahas para ulama kita dalam buku – buku mengenai adab belajar dan mengajarforum.wahdahbandung.com Hal buruk terjadi ketika sang murid menunggu gurunya berbuat yang terbaik (menurutnya) sebelum ia tekadkan dirinya untuk memberi ‘khairu-hu’ (performa terbaiknya) dalam proses belajar mengajar iniforum.wahdahbandung.com Begitu pun sebaliknya bila hal ini menimpa sang guruforum.wahdahbandung.com

Lebih umum, terkait sikap orang lain maka kita dianjurkan untuk husnuzhan berprasangka baik bahwa 'kesalahan' atau kekurangan' yang ia lakukan pasti ada sebabnyaforum.wahdahbandung.comHal ini berbeda dengan sikap kita terhadap 'kesalahan' atau 'kelalaian' internal, dimana porsi 'sikap wajar' atau merasa punya alasan untuk 'salah' atau 'lalai' perlu diminimalisir karena akan semakin menenggelamkan kitaforum.wahdahbandung.com Para ulama bilang, ketika hidup sebaiknya sikap ('khauf') lebih dominan daripada raja' (berharapforum.wahdahbandung.comforum.wahdahbandung.commisalnya berharap diampuni/dimaafkan dan lainnya), baru diakhir hayat ketika sakaratul maut menghampiri sikap raja' yang lebih dominanforum.wahdahbandung.com

Kembaliforum.wahdahbandung.comforum.wahdahbandung.comlikulli maqaamin maqaalun wa likulli maqaalun maqaaminforum.wahdahbandung.com

Komitmen Pribadiforum.wahdahbandung.com
Dari pembicaraan diatas, maka ada satu hal yang begitu penting yaitu komitmen pribadi untuk memberi atau menampilkan performa yang terbaik pada kondisi dan posisi apapunforum.wahdahbandung.com Ketika posisi kita sebagai pengajar maka yang terbaik baginya adalah hadir dan menyampaikan dengan baik, terlepas apakah perihal 'keadaan murid' atau hal lainnyaforum.wahdahbandung.com Di saat lain, ketika kita menjadi murid maka harus tetap disiplin dengan menghadiri dan mengeluarkan performa terbaiknya sebagai muridforum.wahdahbandung.com Meskipun memang diakui, kedua belah pihak saling memberi pengaruh, bisa pengaruh positif atau pengaruh negatifforum.wahdahbandung.com Maka 'sosok jihad' pada saat itu adalah untuk tetap memancarkan 'radiasi positif'forum.wahdahbandung.comforum.wahdahbandung.commeskipun diterpa 'angin negatif'forum.wahdahbandung.com

Ikhwah dan Akhwat rahimakumullah, dapat kita bayangkan bagaimana kebaikan dan berkah terjadi seandainya ini dapat kita terapkan dalam kegiatan – kegiatan kitaforum.wahdahbandung.com Khususnya kegiatan belajar – mengajar kita, terutama tarbiyah dan ta’limforum.wahdahbandung.com

Terakhir, mari kita memuaskan diri kita dengan ayat Al Qur’an berikut

'forum.wahdahbandung.comforum.wahdahbandung.comforum.wahdahbandung.cominnallaha laa yughayyiru maa bi qaumin hatta yughayyiru maa bi anfusihim, faidza araadallahu bi qaumin suu-an falaa marradda lahu, wa maa lahum min duunihi min waalin'

(forum.wahdahbandung.comforum.wahdahbandung.comforum.wahdahbandung.comSesungguhnya Allah tidak merobah keadaan sesuatu kaum sehingga mereka merobah keadaan yang ada pada diri mereka sendiriforum.wahdahbandung.com dan apabila Allah menghendaki keburukan terhadap sesuatu kaum, Maka tak ada yang dapat menolaknya; dan sekali-kali tak ada pelindung bagi mereka selain Diaforum.wahdahbandung.com) [QS Ar RA’du ayat 11]

Perhatikan, begitu indahnya ayat diatas menggabungkan antara instuksi untuk berikhtiar memperbaiki keadaan diri kita dengan keyakinan kepada Rububiyah Allah ta’ala yang melahirkan sikap isti’anah (meminta tolong) pada Nya, Al Qaadiru ’alaa kulli syai’inforum.wahdahbandung.com

Alhamdulillah,

Akhukum wa muhibbukum,
Abu Ahmad

cat : Untuk download makalah click disini (versi nukilan ayat Al Qur'an dengan font arabic)
Kembali Ke Atas Go down
Lihat profil user
 
Likulli maqaalin maqaamun
Topik sebelumnya Topik selanjutnya Kembali Ke Atas 
Halaman 1 dari 1

Permissions in this forum:Anda tidak dapat menjawab topik
WAHDAH BANDUNG :: WAHDAH FOR YOU :: TELAGA ILMU :: Mutiara Hikmah-
Navigasi: